Ganjal Operasional Grab - Uber Menkominfo Keluarkan SE

Selasa, 12 April 2016 01:45 Peristiwa

Bagikan

Ganjal Operasional Grab - Uber Menkominfo Keluarkan SE
SE Menkominfo yang mengganjal Grab - Uber
Denpasar, Semetonnews - Keluarnya Surat Edaran (SE) Menteri Komunikasi dan Informatika No.3/2016 per 31 Maret 2016 lalu terkait Penyediaan Layanan Aplikasi dan Konten Melalui Internet (Over The Top) nampaknya akan semakin mengganjal operasional  angkutan berbasis aplikasi Grab dan Uber di Bali. Karena dalam SE tersebut diatur mengenai penyedia layanan aplikasi dilarang menyediakan layanan yang menimbulkan konflik atau pertentangan antar kelompok. Selain itu juga dilarang melakukan tindakan melawan hukum dan kekerasan termasuk bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Terkait dengan SE Menkominfo tersebut, Kadis Perhubungan, Informasi dan Komunikasi Ir. Ketut Artika, MT mengaku dengan keluarnya surat edaran tersebut tentunya mempertegas seluruh perusahaan aplikasi maupun medsos wajib berbadan hukum di Indonesia, termasuk aplikasi Grab dan Uber yang sudah tidak ada izinnya di Bali. 

"Dengan adanya aturan itu paling tidak mereka (aplikasi Grab dan Uber, red) harus ada izin beroperasi. Karena jika beroperasi secara ilegal kita sudah larang untuk beroperasi. Kita juga sudah tindak Grab dan Uber yang melanggar," ujarnya ketika dihubungi melalui selulernya, Senin (11/4/2016)

Dishub Bali juga kembali mengingatkan jika Grab dan Uber belum ada cabang usahanya di Bali, baik sebagai perusahaan aplikasi maupun perusahaan transportasi. Oleh karena itu, Dishub akan tetap bertindak tegas dengan terus melakukan operasi penertiban sampai perusahaan itu ditutup atau diblokir, jika tidak menyelesaikan kewajibannya sebagai perusahaan aplikasi atau perusahaan transportasi sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah. 

"Jadwal penertiban terus kita lakukan dengan berkoordinasi Dishub di masing-masing kabupaten dan kota. Bahkan nanti reklame Grab segera akan kita turunkan. Masih menunggu hasil koordinasi dengan Satpol PP dimasing masing wilayah tersebut," tegasnya.



Penulis : Rifky