BIN Pulangkan Koruptor BLBI

Jumat, 22 April 2016 00:44 Nasional

Bagikan

BIN Pulangkan Koruptor BLBI
Samadikun tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Kamis (21/04/16) (Irawan-Semetonnews)
Jakarta Semetonnews - Badan Inteligen Negara (BIN), berhasil memulangkan satu orang terpidana kasus korupsi dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI, Samadikun Hartono dari Shanghai, Tiongkok pada Kamis, 21 April, malam.

Mengenakan baju lengan panjang bergaris, Samadikun tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma didampingi Kepala BIN, Sutiyoso pukul 21:50 WIB yang disambut langsung oleh Jaksa Agung Prasetyo.

Menurut Sutiyoso, Samadikun berhasil ditangkap pada tanggal 14 April 2016 di Shanghai berkat bantuan dan kerjasama dengan pihak otoritas Tiongkok. "Di tangkap saat dia pulang dari rumah anaknya di Shanghai" terang Sutiyoso di VIP Room Bandara Halim Perdana Kusuma.

Samadikun merupakan mantan Direktur PT Modern Grup yang menjadi terpidana kasus suap dana BLBI tahun 1998, dijatuhi hukuman 4 tahun penjara berdasarkan putusan Mahkamah Agung dengan nomor seri 1696 K/Pid/2002 yang terbit per tanggal 28 Mei 2003 dengan hukuman 4 tahun penjara. Namun, ia diketahui melarikan diri keluar negeri 4 hari setelah jatuhnya putusan MA tersebut.

Disebutkan Sutiyoso, bahwa saat ini pemerintah masih memburu 28 orang koruptor yang masih berada di luar negeri. Ia juga menghimbau pada ke-28 orang buronan koruptor tersebut untuk segera menyerahkan diri. "Alangkah baiknya dan terhormat apabila (para burunan korupsi) menyerahkan diri", tegas Sutiyoso.

Rencananya, Samadikun yang menyebabkan kerugian negara Rp.169,4 M ini akan langsung dibawa ke Kejaksaan Agung untuk dilakukan interograsi untuk selanjutnya dibawa ke rutan Salemba, Jakarta.

Reporter : Irawan
Editor      : Eska