Lapas Kerobokan Dinyatakan Aman dan Dibuka Kembali Untuk Pembesuk

Jumat, 22 April 2016 21:22 Peristiwa

Bagikan

Lapas Kerobokan Dinyatakan Aman dan Dibuka Kembali Untuk Pembesuk
Lapas Kerobokan Dinyatakan kondusif pasca kerusuhan semalam.dok.Semetonnews
Denpasar, Semetonnews - Pasca kerusuhan yang terjadi kemarin malam di Lapas Kelas II A Kerobokan, hingga siang tadi Jumat (22/4) sudah berjalan normal. Bahkan sejumlah pasukan yang disiagakan sudah ditarik kembali.

Siang tadi pintu besuk para tahanan juga sudah dibuka kembali.‎ “Tadi siang (kemarin - red), kita sudah tarik anggota. Hanya satu regu yang berjumlah sepuluh anggota saja kita siagakan, Itu pun hanya ditempatkan di luar Lapas untuk memantau situasi,” ungkap Kapolres Badung AKBP Tony Binsar Merpaung, Jumat ( 22/4/2016).
Mengenai provokator yang menjadi penyebab keributan di dalam Lapas sehingga terjadinya kerusakan sejumlah fasilitas di Lapas, Marpaung mengaku mengaku pihaknya belum melakukan penyelidikan. 

“Saat itu, kan masih mencekam. Kita tidak bisa mengamankan yang dinilai provokator. Kita sebatas bernegosiasi terkait tuntutan mereka saja. Kalaupun kita mencari siapa dalangnya harus ada pelapor yang notabene dari pihak Lapas," jelasnya.
Dijelaskan Marpaung, akibat insiden Kamis (21/4) malam itu beberapa kaca ruangan penjaga dan ruangan lainnya di dalam Lapas pecah berserakan. Para warga binaan melakukan aksi perusakan yang terjadi blok H dan blok D. Para warga binaan merangsek keluar dengan menjebol pintu. 

“Di setiap blok ada dua ratus orang warga binaan. Semuanya keluar dan melempar seluru kaca - kaca itu,” Pungkasnya serambi meyakinkan bahwa situasi sudah normal dan Pembesuk sudah bisa masuk sejak pagi.

Laporan : Paksi Jalantaka ‎